Materi TIK Kelas 8 Semester 1

Mengidentifikasi Menu Icon dan Jendela Ms Word 2007


Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak pengolah kata yang biasa digunakan untuk membuat dokumen dan lain-lain. Sebagai seorang siswa tentu memerlukan Microsoft Word untuk mengerjakan tugas, sehingga perlu untuk memahami tentang bagian-bagian jendela MS. Word. Pada posting kali ini akan dibahas tentang “Idenfikasi Bagian-Bagian Jendela MS Word 2007.”



1. Microsoft Office Button
Apabila tombol ini diklik maka akan muncul beberapa pilihan yaitu :
a. New : berfungsi untuk membuat dokumen baru
b. Open : berfungsi untuk membuka dokumen yang telah dibuat
c. Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat
d. Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dengan nama berbeda
e. Print : berfungsi untuk mencetak dokumen
f. Prepare : berfungsi untuk mempersiapkan dokumen
g. Send : berfungsi untuk mengirim dokumen
h. Publish : berfungsi untuk mentransfer dokumen

2. Menu bar
Baris ini berguna untuk memberi perintah dengan cara mengklik menu tersebut. Baris ini terdiri dari :
a. Home
b. Insert
c. Page Layout
d. References
e. Mailings
f. Review
g. View

3. Quick Access Toolbar
Menu yang berfungsi untuk mempercepat akses/shortcut

4. Tittle Bar
Baris ini berisi keterangan mengenai program dan nama dokumen yang sedang aktif.

5. Tombol Ukuran
Tombol-tombol ini digunakan untuk mengatur ukuran jendela yang sedang aktif. Ada 4 macam tombol ukuran, yaitu :
a. Minimize, untuk memperkecil ukuran jendela sehingga membentuk sebuah ikon aktif.
b. Maximize, untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh.
c. Restore, untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula.
d. Close, untuk menutup jendela.
 
7. Ruler
Garis pedoman untuk menentukan margin atau batas indentasi.

8. Jendela Dokumen
Di sinilah area kerja tempat kita mengetik naskah.

9. Scroll Bar
Terdiri dari : Vertical scroll bar
Horizontal scroll bar
Berfunsi untuk menggulung dokumen.

10. Status Bar
Pada lajur ini diberikan berbagai informasi, misalnya mengenai letak titik sisip.

11. View Toolbar
Memperlihatkan format-format tampilan dokumen yang sedang dibuat, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

12. Zoom In / Out
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran jendela dokumen.

Fungsi menu dan ikon pada microsoft word 2007 beserta gambarnya 


I. Fungsi Icon pada Tab Home

Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.

Group Clipboard


Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste                 : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut                   : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy                 : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter   : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

Group Font

Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font                              : untuk memilih jenis huruf
Font Size                       : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font                     : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font                   : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case                  : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting            : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold                             : untuk menebalkan teks terpilih
Italic                             : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline                      : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough                 : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript                       : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript                    : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect                    : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color      : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color                     : untuk mengatur warna teks terpilih.

Group Paragraph

Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets                          : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering                    : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent              : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent               : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right                 : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left                 : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort                              : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks   : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left              : untuk mengatur teks rata kiri
Center                           : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right            : untuk mengatur teks rata kanan
Justify                           : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing                  : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading                         : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border                          : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

Group Styles


Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles   : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles    : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

Group Editing

Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find                  : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace             : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select                : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
II. Fungsi Icon Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
A. Fungsi Icon di Group Pages

Cover Page
digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page
untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
Break Page
untuk memisah suatu halaman file dokumen
B. Fungsi Icon di Group Tables


Insert Table
untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table
untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table
digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet
untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
Excel Spreadsheet
untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
C. Fungsi Icon di Group Illustrations

Picture
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art
untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes
digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt
digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart
digunakan untuk menyisipkan diagram
D. Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink
digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark
digunakan membuat penanda buku
Cross-Reference
digunakan untuk membuat referensi antar file
E. Fungsi Icon di Group Header & Footer
Header
digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
Footer
digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number
digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
F. Fungsi Icon di Group Text
Text Box
digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts
digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
WordArt
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap
digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line
digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time
digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object
digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain :
(1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis,
(2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen.
(3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel]
(4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts
(5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya.
Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G. Fungsi Icon di Group Symbols
Equation        : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol           : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
III. Fungsi Icon pada Tab Page Layout
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.

A. Icon Perintah di Group Themes

Themes
digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color
digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
Fonts
digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Effect
digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

B. Icon Perintah di Group Page Setup

Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
Margins
digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientation
digunakan untuk mengatur posisi kertas.
Size
digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Columns
digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaks
digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbers
digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Hypenation
digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
C. Icon Perintah di Group Page Background

Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.

Fungsi
Watermark
digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Page Color
digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
Page Borders
digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
D. Icon Perintah di Group Paragraph



Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.

Fungsi
Indent
digunakan untuk mengatur batas teks;
Spacing
digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
E. Icon Perintah di Group Arrange

Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek di halaman dokumen.

Fungsi
Position
digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap text
digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward
digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward
digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane
menampilkan panel navigasi objek
Align
digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
Group
digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate
digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
IV. Fungsi Icon pada Tab References

Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.


Tab References terdiri dari 6 group:
 (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.

V. FUNGSI TAB MAILINGS


Fungsi mailings adalah untuk membuat mail merger atau surat massal, menetik teks pada amplop dan membuat tabel.

Envelopes digunakan untuk membuat sampul pada amplop. Envelopes juga digunakan untuk mencetak kop surat tunggal. Pada kop dapat dituliskan alamat tujuan. 

 
Labels digunakan untuk menuliskan alamat dan nama. Labels juga digunakan untuk membuat dan mencetak label tunggal (misalnya untuk menuliskan alamat penyuratan, sebagai sampul file data dan sampul CD)

Start Mail Merge digunakan untuk membuat sebuah surat, surat dapat berbentuk e-mail maupun surat biasa.

Select Recipients digunakan untuk memilih penerima surat yang berisi data nama dan alamat penerima surat.

Edit Recipients List digunakan untuk menggabungkan dokumen sumber data, yang berisi daftar nama dan alamat penerima surat. Lalu mengedit daftar informasi penerima dan juga menambahkan atau mengurangi daftar nama penerima 
Highlight Merge Fields digunakan untuk menyisipkan dokumen
Address Block digunakan untuk pemilihan alamat surat
Greeting Line digunakan untuk menambahkan baris ucapan

Insert Merge Field digunakan untuk membuat label surat yang berisikan nama dan alamat penerima.
Rules digunakan untuk memberikan garis dalam surat

Match Files digunakan untuk membandingkan surat

Update Labels digunakan untuk memperbarui label surat
Preview Result digunakan untuk melihat hasil
Find Recipient digunakan untuk menemukan dan menampilkan data yang spesifik yang telah tersimpan di daftar penerima dengan mencari teksnya.

Auto Check for error digunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
Finish & Merge selesai menggunakan fasilitas mailing anda bisa langsung mencetak otomatis
Cara membuat surat massal di word
1.      Buat template surat yang akan dibuat surat missal
2.      Klik menu mailings pada menu bar selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge
3.      Pada pop up, pilih Type New List
4.      Klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang dibuat
5.      Klik ok dan pilih OK lagi pada jendela new address list. Kemudian akan muncul folder dimana database akan disimpan.
6.      Langkah selanjutnya buka folder dimana database tersimpan. Database yang tersimpan mempunyai format access
7.      Isi database sesuai dengan yang diinginkan
8.      Buka lembar kerja di Microsoft Word dan klik preview result untuk melihat hasilnya
9.      Untuk melihat surat yang lain bisa dilakukan dengan klik anak panah ke kanan atau ke kiri



Tombol Kombinasi Keyboard pada Ms. Word 2007

Ctrl + A = Untuk memblock keseluruhan halaman.
Ctrl + B = Untuk mencetak tebal pada ms. Office.
Ctrl + C = Mengcopy.
Ctrl + D = Untuk merubah tampilan font.
Ctrl + E = Untuk membuat rata tengah .
Ctrl + F = Untuk mengeluarkan perintah Find word.
Ctrl + G = Untuk melompat menuju ke line n / Go to. (n= baris ke berapa dalam script)
Ctrl + H = Untuk menampilkan perintah Replace word.
Ctrl + I = Untuk mencetak text miring atau Italic.
Ctrl + J = Untuk membuat rata kanan kiri.
Ctrl + K = Untuk membuat hyperlink.
Ctrl  L  = Untuk membuat rata kiri.
Ctrl + M = Untuk membuat tab pada paragraph.
Ctrl + N = Untuk membuat lembar worksheet baru.
Ctrl + O = Untuk membuka file save pada komputer.
Ctrl + P = Untuk mencetak halaman.
Ctrl + Q = Untuk merefresh halaman.
Ctrl + R = Untuk membuat rata kanan.
Ctrl + S = Untuk menyimpan file.
Ctrl + T = Untuk menambah tab line pada Bar Tab.
Ctrl + U = Untuk membuat Underline.
Ctrl + V = Untuk menempelkan atau mempaste hasil copy atau cut.
Ctrl + W = Untuk mengeluarkan worksheet yang sedang aktif.
Ctrl + X = Untuk memtong text.
Ctrl + Y = untuk mengembalikan perintah setelahnya.
Ctrl + Z = untuk mengembalikan perintah sebelumnya.
Ctrl + F10 = Untuk Restore layar.
Ctrl + Enter = Untuk enter satu halaman ke bawah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar