Mengidentifikasi Menu Icon dan Jendela Ms Word 2007
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak pengolah kata yang biasa digunakan untuk membuat dokumen dan lain-lain. Sebagai seorang siswa tentu memerlukan Microsoft Word untuk mengerjakan tugas, sehingga perlu untuk memahami tentang bagian-bagian jendela MS. Word. Pada posting kali ini akan dibahas tentang “Idenfikasi Bagian-Bagian Jendela MS Word 2007.”
1. Microsoft Office Button
Apabila tombol ini diklik maka akan muncul beberapa pilihan yaitu :
a. New : berfungsi untuk membuat dokumen baru
b. Open : berfungsi untuk membuka dokumen yang telah dibuat
c. Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat
d. Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dengan nama berbeda
e. Print : berfungsi untuk mencetak dokumen
f. Prepare : berfungsi untuk mempersiapkan dokumen
g. Send : berfungsi untuk mengirim dokumen
h. Publish : berfungsi untuk mentransfer dokumen
2. Menu bar
Baris ini berguna untuk memberi perintah dengan cara mengklik menu tersebut. Baris ini terdiri dari :
a. Home
b. Insert
c. Page Layout
d. References
e. Mailings
f. Review
g. View
3. Quick Access Toolbar
Menu yang berfungsi untuk mempercepat akses/shortcut
4. Tittle Bar
Baris ini berisi keterangan mengenai program dan nama dokumen yang sedang aktif.
5. Tombol Ukuran
Tombol-tombol ini digunakan untuk mengatur ukuran jendela yang sedang aktif. Ada 4 macam tombol ukuran, yaitu :
a. Minimize, untuk memperkecil ukuran jendela sehingga membentuk sebuah ikon aktif.
b. Maximize, untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh.
c. Restore, untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula.
d. Close, untuk menutup jendela.
7. Ruler
Garis pedoman untuk menentukan margin atau batas indentasi.
8. Jendela Dokumen
Di sinilah area kerja tempat kita mengetik naskah.
9. Scroll Bar
Terdiri dari : Vertical scroll bar
Horizontal scroll bar
Berfunsi untuk menggulung dokumen.
10. Status Bar
Pada lajur ini diberikan berbagai informasi, misalnya mengenai letak titik sisip.
11. View Toolbar
Memperlihatkan format-format tampilan dokumen yang sedang dibuat, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.
12. Zoom In / Out
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran jendela dokumen.
Fungsi menu dan ikon pada microsoft word 2007 beserta gambarnya
I. Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu
yaitu:
Paste :
untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut :
untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy :
untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen
lainnya.
Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus
berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf
secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf
secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf
kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold :
untuk menebalkan teks terpilih
Italic :
untuk memiringkan Teks terpilih
Underline :
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough :
memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript :
untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript :
untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect :
untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color :
untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu
yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah
di Group Paragraph yaitu:
Bullets :
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering :
untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right :
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left :
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort :
untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center :
untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify :
untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing :
untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading :
untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border :
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles :
berisi pilihan pengaturan tema paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find,
Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find :
untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace :
untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata
tertentu dalam suatu file
Select :
digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
II. Fungsi Icon
Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan
objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape,
dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link
ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7
Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di
tab ini adalah: (1)
Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6)
Text, dan (7) Symbols.
A.
Fungsi Icon di Group Pages
Cover
Page
|
digunakan
untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
|
Blank
Page
|
untuk
menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
|
Break
Page
|
untuk
memisah suatu halaman file dokumen
|
B. Fungsi Icon di Group Tables
Insert
Table
|
untuk
menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
|
Draw
Table
|
untuk
menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
|
Convert
Text to Table
|
digunakan
untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
|
Excel
Spreadsheet
|
untuk
menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
|
Excel
Spreadsheet
|
untuk
menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS.
Word 2010
|
C. Fungsi Icon di Group Illustrations
Picture
|
digunakan
untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
|
Clip
Art
|
untuk
menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
|
Shapes
|
digunakan
untuk menyisipkan objek gambar autoshape
|
SmartArt
|
digunakan
untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
|
Chart
|
digunakan
untuk menyisipkan diagram
|
D. Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink
|
digunakan
untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
|
Bookmark
|
digunakan
membuat penanda buku
|
Cross-Reference
|
digunakan
untuk membuat referensi antar file
|
E. Fungsi Icon di Group Header & Footer
Header
|
digunakan
untuk mengatur kepala halaman suatu file
|
Footer
|
digunakan
untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
|
Page
Number
|
digunakan
untuk melakukan setting terhadap homor halaman
|
Header digunakan untuk mengatur kop
atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop
dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan
serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah
built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer digunakan untuk mengatur
atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi
nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer
juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta
melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika
user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di
halaman lainnya akan persis sama.
F. Fungsi Icon di Group Text
Text
Box
|
digunakan
untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
|
Quick
Parts
|
digunakan
untuk mengatur teks otomatis dll
|
WordArt
|
digunakan
untuk menyisipkan teks bergaya artistik
|
Drop
Cap
|
digunakan
untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
|
Signature
Line
|
digunakan
untuk menyisipkan tanda tangan digital
|
Date
& Time
|
digunakan
untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
|
Object
|
digunakan
untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
|
Text Box berfungsi untuk menyisipkan
kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini
user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini user
juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain :
(1) Autotext digunakan untuk mengatur teks
otomatis,
(2) Document Property untuk mengatur atribut
dokumen.
(3) Field digunakan untuk menyisipkan Field
atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan
di Excel]
(4) Building Blocks Organizer digunakan untuk
mengatur seputar partikulasi Quick Parts
(5) Save Selection to Quick Parts Gallery
digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts
Gallery.
WordArt digunakan untuk menyisipkan
teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan
tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya.
Drop Cap digunakan untuk menysipkan
huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini
lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap
yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan
khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai
dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu
lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk
membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk
memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object digunakan untuk menyisipkan
objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan
script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa
objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G. Fungsi Icon di Group Symbols
Equation : digunakan untuk menyisipkan
simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol : digunakan untuk menyisipkan
karakter khusus.
III. Fungsi Icon
pada Tab Page Layout
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk
pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group
perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page
Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
A. Icon
Perintah di Group Themes
Themes
|
digunakan
untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna
hurufnya.
|
Color
|
digunakan
untuk mengatur warna tema halaman.
|
Fonts
|
digunakan
untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
|
Effect
|
digunakan
untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman
dokumen.
|
B. Icon Perintah di Group Page Setup
Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
Margins
|
digunakan
untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
|
Orientation
|
digunakan
untuk mengatur posisi kertas.
|
Size
|
digunakan
untuk mengatur ukuran halaman.
|
Columns
|
digunakan
untuk mengatur jumlah kolom teks.
|
Breaks
|
digunakan
untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
|
Line
Numbers
|
digunakan
untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
|
Hypenation
|
digunakan
untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
|
C. Icon Perintah di Group Page Background
Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.
Fungsi
|
Watermark
|
digunakan
untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
|
Page
Color
|
digunakan
untuk mengatur warna latar halaman.
|
Page
Borders
|
digunakan
untuk mengatur garis tepi halaman.
|
D. Icon Perintah di Group Paragraph
Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
Fungsi
|
Indent
|
digunakan
untuk mengatur batas teks;
|
Spacing
|
digunakan
untuk mengatur jarak antar paragraf.
|
E. Icon Perintah di Group Arrange
Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek di halaman dokumen.
Fungsi
|
Position
|
digunakan
untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
|
Wrap
text
|
digunakan
untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
|
Bring
Forward
|
digunakan
untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
|
Send
Backward
|
digunakan
untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
|
Selection
Pane
|
menampilkan
panel navigasi objek
|
Align
|
digunakan
untuk mengatur posisi objek lepas
|
Group
|
digunakan
untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
|
Rotate
|
digunakan
untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
|
IV. Fungsi Icon pada Tab References
Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.
V. FUNGSI TAB MAILINGS
Fungsi mailings adalah untuk membuat mail merger atau surat massal, menetik teks pada amplop dan membuat tabel.
Envelopes digunakan untuk membuat sampul pada amplop. Envelopes juga digunakan untuk mencetak kop surat tunggal. Pada kop dapat dituliskan alamat tujuan.
Labels digunakan untuk menuliskan alamat dan nama. Labels juga digunakan untuk membuat dan mencetak label tunggal (misalnya untuk menuliskan alamat penyuratan, sebagai sampul file data dan sampul CD)
Start Mail Merge digunakan untuk membuat sebuah surat, surat dapat berbentuk e-mail maupun surat biasa.
Select Recipients digunakan untuk memilih penerima surat yang berisi data nama dan alamat penerima surat.
Edit Recipients List digunakan untuk menggabungkan
dokumen sumber data, yang berisi daftar nama dan alamat penerima surat. Lalu
mengedit daftar informasi penerima dan juga menambahkan atau mengurangi daftar
nama penerima
Highlight Merge Fields digunakan untuk
menyisipkan dokumen
Address Block digunakan untuk pemilihan
alamat surat
Greeting Line digunakan untuk menambahkan
baris ucapan
Insert Merge Field digunakan untuk membuat label surat yang berisikan nama dan alamat penerima.
Rules digunakan untuk memberikan garis dalam surat
Match Files digunakan untuk membandingkan surat
Update Labels digunakan untuk memperbarui
label surat
Preview Result digunakan untuk melihat
hasil
Find Recipient digunakan untuk menemukan
dan menampilkan data yang spesifik yang telah tersimpan di daftar penerima
dengan mencari teksnya.
Auto Check for error digunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
Auto Check for error digunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
Finish & Merge selesai menggunakan
fasilitas mailing anda bisa langsung mencetak otomatis
Cara membuat surat massal di word
1. Buat
template surat yang akan dibuat surat missal
2. Klik
menu mailings pada menu bar selanjutnya pilih select recipient pada group start
mail merge
3. Pada
pop up, pilih Type New List
4. Klik
customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang dibuat
5. Klik
ok dan pilih OK lagi pada jendela new address list. Kemudian akan muncul folder
dimana database akan disimpan.
6. Langkah
selanjutnya buka folder dimana database tersimpan. Database yang tersimpan
mempunyai format access
7. Isi
database sesuai dengan yang diinginkan
8. Buka
lembar kerja di Microsoft Word dan klik preview result untuk melihat hasilnya
9. Untuk
melihat surat yang lain bisa dilakukan dengan klik anak panah ke kanan atau ke
kiri
Tombol Kombinasi Keyboard pada Ms. Word 2007
Ctrl + A = Untuk
memblock keseluruhan halaman.
Ctrl + B = Untuk
mencetak tebal pada ms. Office.
Ctrl + C = Mengcopy.
Ctrl + D = Untuk
merubah tampilan font.
Ctrl + E = Untuk membuat
rata tengah .
Ctrl + F = Untuk
mengeluarkan perintah Find word.
Ctrl + G = Untuk
melompat menuju ke line n / Go to. (n= baris ke berapa dalam script)
Ctrl + H = Untuk
menampilkan perintah Replace word.
Ctrl
+ I = Untuk mencetak text miring atau Italic.
Ctrl + J = Untuk
membuat rata kanan kiri.
Ctrl + K = Untuk
membuat hyperlink.
Ctrl L =
Untuk membuat rata kiri.
Ctrl + M = Untuk
membuat tab pada paragraph.
Ctrl + N = Untuk
membuat lembar worksheet baru.
Ctrl + O = Untuk
membuka file save pada komputer.
Ctrl + P = Untuk
mencetak halaman.
Ctrl + Q = Untuk
merefresh halaman.
Ctrl + R = Untuk
membuat rata kanan.
Ctrl + S = Untuk
menyimpan file.
Ctrl
+ T = Untuk menambah tab line pada Bar Tab.
Ctrl + U = Untuk
membuat Underline.
Ctrl + V = Untuk
menempelkan atau mempaste hasil copy atau cut.
Ctrl + W = Untuk
mengeluarkan worksheet yang sedang aktif.
Ctrl + X = Untuk
memtong text.
Ctrl + Y = untuk
mengembalikan perintah setelahnya.
Ctrl
+ Z = untuk mengembalikan perintah sebelumnya.
Ctrl
+ F10 = Untuk Restore layar.
Ctrl + Enter = Untuk
enter satu halaman ke bawah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar